Sunday, July 13, 2008

Informasi Media Harian (13 Juli 2008)

Latar Belakang

Beberapa hari sebelum pelaksanaan prosesi unik Pelebon pada tanggal 15 Juli, para anggota keluarga Puri Agung Ubud melangsungkan serangkaian upacara untuk menyucikan jiwa almarhum. Pelebon sendiri akan dilaksanakan bagi dua almarhum anggota keluarga yang dituakan yaitu Tjokorda Gde Agung Suyada dan Tjokorda Gede Raka. Turut dalam Pelebon nanti adalah almarhum Desak Raka (Gung Niang Raka) yang telah dikremasikan dalam acara berskala kecil bulan Desember 2007 lalu.

Pada hari yang sama, sejumlah 68 jenazah masyarakat Ubud akan menerima upacara kremasi secara penuh.


Kegiatan media

Rangkaian upacara terkait dengan Pelebon yang berlangsung hari ini:

Upacara Nuntun - foto di sini
Prosesi Nuntun yang berlangsung bagi 68 jenazah masyarakat setempat ini dimulai dengan pemanjatan doa oleh anggota keluarga di pemakaman (Puri Sentra), yang dilanjutkan dengan penyerahan sesaji.

Upacara Ngangkit - foto di sini
Pada upacara Ngangkit masyarakat menggali makam 68 jenazah untuk dikremasi di Puri Sentra. Setelah itu para anggota keluarga mengumpulkan abu dan menumbuk sisa tulang-belulang.

Upacara Ngareka Kajang - foto di sini
Upacara Ngareka Kajang dilaksanakan dengan menutupi peti almarhum anggota keluarga kerajaan dengan lapisan kain putih berhiaskan ornamen-ornamen simbolis, bunga, dan sesaji.

Upacara Ngening - foto di sini
Masyarakat setempat berjalan pagi hari ke sebuah mata air Tjampuhan untuk mengambil air suci yang akan digunakan secara simbolis untuk memandikan almarhum keluarga kerajaan.



Kegiatan dan aktivitas bagi media

Rangkaian upacara sebelum pelaksanaan Pelebon

Minggu, 13 Juli 2008
• 8:00 WITA – Upacara Ngening bagi 68 jenazah yang akan turut dikremasi pada hari
• 2:00 WITA – Proses penjemputan Naga Banda, berangkat dari Puri Merajan Agung Peliatan
• 5:00 WITA – Kedatangan Naga Banda di “rumah” almarhum, yang akan diangkat ke Sumanggen (tempat persemayaman almarhum sebelum diberangkatkan ke lokasi kremasi), dan berakhirdi Puri Agung, Ubud

Catatan: Untuk peliputan rekan-rekan media dapat menghubungi Pusat Informasi Media guna memperoleh akses ke lokasi-lokasi upacara.


Transportasi
Bis antar jemput harian menuju Ubud akan tersedia dengan jadwal-jadwal berikut ini:
• Pada tanggal 12 – 14 Juli 2008, berangkat pkl 10.00 WITA dari kantor Bali Tourism Board, Jln. Raya Puputan 41, Renon, Denpasar

Akses menuju Ubud
• Sampai dengan tanggal 14 Juli 2008, akses menuju Ubud akan ditutup secara bertahap kecuali daerah Kadewatan
• Pada tanggal 15 Juli 2008, semua akses menuju Ubud akan ditutup selama satu hari penuh

Pusat Informasi Media akan menyediakan transportasi untuk media, berangkat dari Bali Tourism Board pada pukul 07.30 WITA.

No comments: